PREGGO: Hospital Bag Essentials

Hai! Assalamualaikum, Ukh. Semoga kabar baik semua yaa.
I know, i know that this is a mega latepost, ketika baru akan posting mengenai hal-hal apa yang perlu dibawa oleh bu ibu sebelum melahirkan di saat sekarang anaknya udah 4 bulan hehe. Tapi nda papa semoga bisa berguna bagi calon bu ibu yaa...

Sedikit throwback ya, waktu itu aku mulai mempersiapkan hal-hal ini sekitar 2 minggu sebelum melahirkan. Ya so-so ya waktunya, ga terlalu cepat atau terlambat juga. Tapi menurut mamaku itu justru cukup mendadak harusnya dipersiapkan lebih dini lagi hehe, akhirnya mama mulai duluan deh beli ini itu buat cucu pertamanya, lalu baru deh aku mulai cari-cari. Dalam 2 minggu itu aku hunting online dan datang langsung ke beberapa baby store. Kalau ga salah aku pergi ke 3 tempat, pertama di baby shop kecil di daerah Arundina, Cibubur. Dua toko lainnya ada di Bekasi Square. 

Nah, menurutku beberapa benda di bawah ini penting untuk masuk dalam hospital bagnya calon bu ibu:

Untuk Ibu
1. Pakaian dalam minimal 4 set. Ini sangat penting, karena menurut pengalamanku nifas itu volumenya lebih banyak dibanding haid, jadi kadang suka tembus dan harus sering ganti pakaian dalam. Oh ya untuk cd, ada baiknya beli yang ukurannya lebih besar agar lebih nyaman dan tidak kesulitan saat menggunakannya, terlebih setelah proses persalinan badan rasanya kayak turun mesin hehe. Lalu untuk bra, gunakan bra menyusui yaa. Berdasarkan riset kemarin, ada 2 jenis bra menyusui, ada yang pakai pengait ada yang pakai kancing jepit. But, believe it or not, bra menyusui serasa ga ada bedanya buatku haha karena aku biasanya menyusui ya dikeluarin biasa aja, hehe ini tergantung masing-masing ya.

2. Baju minimal 4 stel, karena umumnya ibu dan anak selama proses bersalin akan menginap minimal 2 hari (untuk yang spontan atau normal) dan bisa lebih untuk yang sectio atau caesar. Jangan lupa bajunya juga memiliki bukaan di depan ya agar bisa menyusui. Ohya biasanya juga beberapa rs sudah menyediakan baju selama masa perawatan, jadi cukup 1 baju untuk pulang deh hehe.

3. Pembalut bersalin minimal 1 pack. Mulanya aku pikir bawa 1 pack itu akan kebanyakan, eh ternyata malah kurang haha. Ini mungkin juga relatif ya tiap bu ibu. Mungkin ada yang langsung deras atau derasnya baru beberapa hari kemudian. Kalau aku kemarin tipe yang pertama, sudah pakai double aja masih suka tembus hahaha.

4.  Breast pad. Hmm ini sih penting-penting enggak hehe soalnya biasanya hari pertama asi belum langsung keluar banyak. Tapi ya untuk jaga jaga biar baju ga basah dan si ibu nyaman kalau asinya ternyata rembes hehe.

5. Bengkung/gurita/korset minimal 2. Perut kita yang sebelumnya buncit, setelah isinya keluar perlahan akan mengendur huhuhu. Nah untuk membantu recovery, mengembalikan ke bentuk sebelumnya dan agar merasa lebih kencang, bu ibu bisa gunakan produk ini. Waktu itu mamaku buatkan 'lotion' dari campuran kapur sirih dan minyak kayu putih untuk dibalurkan sebelum memakai bengkung. 

6. Kaus kaki dan cardigan/sweater. Setelah bersalin, badan kita kadang berasa lemas dan lelah sehingga ga jarang ac di rs kok terasa jadi lebih dingin. Nah kedua hal ini bisa membuat kita lebih nyaman.

6. Obat-obatan pribadi. Semisal bu ibu punya obat-obat tertentu yang biasa dikonsumsi ketika sakit boleh dibawa, tapi perlu tanya dulu ya sama dokternya itu amankah diminum ibu menyusui. Lalu obat-obatan yang bisa buat nyaman, seperti minyak kayu putih atau minyak tawon untuk pijat-pijat dan tolak angin untuk penghangat kala masuk angin hehe.

7. Roti atau cemilan. Nah ini penting banget nih hehe. Menurut pengalaman sih abis mengeluarkan tenaga ekstra pas bersalin rasanya tuh laperrr. Nyetok cemilan akan terasa lebih bermanfaat ketika ternyata melahirkannya malam atau dini hari hehe kasian juga sih suami harus keluar cari-cari makanan kalau jam segitu.

8. Buku hamil/riwayat kesehatan selama hamil. Informasi dalam catatan tersebut dapat dijadikan rujukan tindakan bersalin bu ibu, mulai dari kondisi janin hingga HB si ibu, jadi jangan sampai ketinggalan ya. Ohya kalau ada hasil cek darah atau hasil rontgen juga dibawa ya.

9. Al qur'an dan buku bacaan untuk dibaca-baca. Kadang soalnya bosan juga hehe.


Untuk ayah
1. Baju ganti. Untuk jumlahnya bisa dikira-kira minimal hari perawatan 2 hari yaa.

2. Hal-hal yang akan dibutuhkan untuk proses administrasi, seperti kartu asuransi, kartu BPJS, kartu keluarga, KTP suami dan istri serta sediakan fotocopy nya ya, kartu debit/kredit, kartu ATM dan uang cash.

3. Handphone dan charger. Berguna untuk mengecek waktu kontraksi (ngeliat jam) dan mengabarkan sanak saudara.

4. Bantal, guling dan selimut. Yah pokoknya yang nyaman ya buat ayah, soalnya kan doi bakal begadang juga hehe biar nyamalah bobonya.

5. Alat ibadah. Ada rs yang menyiapakan sajadah, tapi ya biar aman siapkan sajadah dan sarung ya.


Untuk baby
1. Baju minimal 3 stel. Biasanya sih dari rs sudah disediakan baju selama masih di sana. Jadi baju baby hanya dipakai ketika pulang saja.

2. Popok minimal 5 atau diapers. Ini sih opsional bu ibu, ada yang nyaman pakaikan diapers sejak newborn, ada yang lebih nyaman pakaikan popok. Kalau menurut saya dari baru lahir sih kayaknya lebih baik dipakaikan popok dulu, kasian soalnya hehe.

3. Sarung tangan dan kaki minimal 2 stel. Karena dia masih penyesuaian dengan suhu di dunia, kita perlu jaga agar dia tetap merasa hangat.

4. Topi. Digunakan saat pulang.

5. Kain bedong minimal 5. Kalau terlalu sedikit takut basah kena pipis hehe.

6. Selimut minimal 2.


Itu lah hospital bag essentials yang penting menurut pengalamanku kemarin. Kalau bisa sudah disiapkan ya dalam 1 tas sehingga compact untuk dibawa ketika sudah waktunya. Sambil disesuaikan dengan keadaan bu ibu dan suami ya, namanya juga manusia kan punya khasnya masing-masing ya hehe. Semoga bermanfaat dan lancar persalinannya :)

.Nisa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WEDDING REVIEW SERIES #2 CATERING & DECORATION SERVICES - MAHARANI

WEDDING REVIEW SERIES #1 TATA RIAS - SANGGAR LIZA

WEDDING REVIEW SERIES #3 VENUE - PURI ARDHYA GARINI