Adab Menuntut Ilmu dalam Luasnya Universitas Kehidupan #NHW1 #MIIPBATCH4

Assalamualaikum! 
Alhamdulillah setelah sekian lama penasaran dengan Institut Ibu Profesional (IIP), akhirnya saya diberikan kesempatan untuk mencicipi belajar di sini. Tentunya saya tidak boleh melewatkan kesempatan emas ini begitu saja. Nah, kali ini saya memulai mengerjakan 'tugas' pertama, yang dikenal sebagai Nice Homework (NHW) dengan materi Adab Menuntut Ilmu.

1. Tentukan satu jurusan ilmu yang akan anda tekuni dalam universitas kehidupan ini?
 Jujur, ini pertanyaan yang cukup sulit, karena peran kita sebagai pembelajar tidak mengenal kata pensiun dan semua hal perlu dipelajari. Namun, jika harus memilih satu, ilmu yang ingin saya tekuni dalam universitas kehidupan ini adalah manajemen. Lebih tepatnya, manajemen diri. Saya selalu berbinar-binar melihat sosok yang memiliki manajemen diri yang baik dan ingin selalu berguru pada mereka.

2. Alasan terkuat apa yang anda memiliki sehingga ingin menekuni ilmu tersebut?
 Saya memilih untuk memelajari manajemen diri karena tak jarang, setelah membuat jadwal kegiatan harian, saya melewatkan beberapa poin sehingga menghambat progres diri saya. Tentunya ini adalah suatu hal yang merugi jika terus berlanjut. Oleh karenya saya harus mempelajari ilmu manajemen diri, agar saya dapat bergerak ke arah positif. Terlebih, setelah memiliki anak, saya ingin sekali mengajarkan baginya betapa pentingnya waktu dan betapa rugi bila menyia-nyiakannya.

3. Bagaimana strategi menuntut ilmu yang akan anda rencanakan di bidang tersebut?
 Saya harus konsisten dan fokus dengan apa yang ingin saya capai. Saya ingin, setiap menjelang tidur membuat daftar hal-hal yang ingin saya lakukan keesokan harinya, sehingga waktu esok tidak terbuang sia-sia. Saya juga harus mengkomunikasian keinginan dan tujuan saya kepada suami, agar ia dapat mengingatkan saya bila saya keluar dari koridor yang sudah ditentukan.

4. Berkaitan dengan adab menuntut ilmu, perubahan sikap apa saja yang anda perbaiki dalam proses mencari ilmu tersebut?
Saya merasa perlu memperbaiki diri dalam hal konsistensi. Saya harus mengulang-ulang ilmu yang didapat dan mengamalkan secara praktis kedalam kehidupan sehari-hari. Saya sangat sadar, betapa mudahnya saya melewatkan diri untuk mengamalkan ilmu yng dimiliki sehingga ilmu tersebut hanya 'numpang lewat'. Hikssss ini sungguh menyedihkan. Tapi saya yakin, pasti bisa berubah. Bismillah!


At the end, i just want to make a better version of myself. As a mother, I must be a good person, before create the best one. 


Diunduh dari ingredientsinc.net


.Nisa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WEDDING REVIEW SERIES #2 CATERING & DECORATION SERVICES - MAHARANI

WEDDING REVIEW SERIES #1 TATA RIAS - SANGGAR LIZA

WEDDING REVIEW SERIES #3 VENUE - PURI ARDHYA GARINI