PREGGO: KURMA UNTUK BUMIL

Hai! Assalamualaikum, Ukh! Gimana kabarnya? Semoga sehat selaluuu yaa. Aaamiin.

Ohya by the way, aku mulai memasuki trimester terakhir. Dan yaa, hari ini usia kehamilanku memasuki usia 28 minggu 2 hari dan sudah berada di trimester akhir. Jujur aja makin mendekati due date rasanya campur aduk. Happy, iya! Excited, ga sabar ketemu dia, iya! Harap-harap cemas dengan proses melahirkan, juga iya! Iya banget malah. 

Memasuki usia kehamilan 28 minggu, dokter mulai menyuruhku senam hamil agar nantinya paham dengan teknik-teknik pernafasan yang bakal berguna banget saat proses kelahiran. Tapiiii, belum nemu nih tempat senam hamil yang paketnya lengkap, nyaman, dekat rumah dan tentunya ramah dengan kantong hehe. Mungkin ada di antara ukhti-ukhti yang tinggal di daerah cibubur yang pernah punya pengalaman senam hamil boleh dishare hehe. Dari hasil googling kebanyakan memang hasilnya merujuk pada Rumah Sakit Permata. Mungkin nanti akan kucoba cek ke sana dulu kali ya.

Nah, di fase ini ada beberapa hal-hal yang biasa dikeluhkan oleh ibu yang sedang hamil 7 bulan, antara lain mulai kesulitan menemukan posisi tidur yang nyaman, kaki yang mulai bengkak, dan makin sering merasa lelah. Tentu saja selain karena hormon, ukuran debay di dalam juga semakin besar dan sering bergerak. Jadi, mungkin sarannya jangan terlalu sering melakukan aktivitas yang melelahkan dan perbanyak asupan bergizi. Dan sebagai sorang muslim, kita punya warisan pengetahuan mengenai ini lho. Yuk coba intip di Alqur'an, Surat Maryam (19) Ayat 23-26, berikut akan kutampilkan terjemahannya:
23.  Kemudian rasa sakit akan melahirkan memaksanya (bersandar) pada pangkal pohon kurma, dia (Maryam) berkata, " Wahai, betapa (baiknya) aku mati sebelum ini, dan aku menjadi seorang yang tidak diperhatikan dan dilupakan."
24. Maka dia (Jibril) berseru kepadanya dari tempat yang rendah, "Janganlah engkau bersedih hati, sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu."
25. Dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya (pohon) itu akan menggugurkan buah kurma kepadamu.
26. Maka makan, minum, dan bersenang hatilah engkau.....

Dalam ayat tersebut, Maryam diperintahkan untuk memakan buah kurma, dan ternyata beratus tahun waktu setelahnya peneliti modern menemukan bukti bahwa kurma sangat baik untuk ibu hamil.


Wah jadi ternyata menurut penelitian (Mehaisen, Bawadi, Beitawi, Amarin, 2011) memakan kurma minimal 6 buah sehari di saat 4 minggu terakhir kehamilan dapat membantu proses kelahiran menjadi lebih mudah, karena bisa menjadi induksi alami. Bahkan menurut penelitian mereka dikatakan bahwa dengan makan kurma secara rutin dapat mencegah pendarahan pasca melahirkan. Dan dalam waktu 9 bulan hamil pun kurma juga baik untuk tubuh, karena ia mengandung:

1. Fruktosa (Pemanis Alami) 

Fruktosa tidak membuat level gula darah kita menjadi tinggi, namun tetap menghasilkan energi yang kita butuhkan.

2. Serat
Serat membuat tubuh kita tetap merasa kenyang, mengurangi sembelit, dan yang paling penting adalah mengurangi risiko kita terkena preeklampsia, yang mana kondisinya sangat amat tidak diinginkan oleh semua ibu hamil ya.

 3. Potassium
Kandungan potassium dalam kurma dapat membantu menyeimbangkan kadar air atau garam dalam tubuh.

4. Magnesium
Magnesium dapat mendukung kesehatan otot dimana kadang kita ibu hamil sering merasakan kram otot. 

5. Folat
Mendapat asupan folat yang cukup dapat membuat  sumsum tulang belakang bayi berkembang dengan baik.

6. Vitamin K
Vitamin K dapat membantu menjaga kesehatan tulang.


Nah, jadi buat bumil tunggu apalagi nih? Konsumsilah kurma selama kehamilan, karena ternyata memiliki begitu banyak manfaat baik. Jika secara ilmiah disarankan untuk memakan 6 buah kurma perhari, sedangkan anjuran sunnah adalah mengkonsumsinya dalam jumlah ganjil, boleh 1, 3, 5, 7 dan seterusnya. Yaah kalo kita mau ambil tengah-tengahnya mungkin makan 7 kali ya hehe.

Sekian cuitanku kali ini, semoga bermanfat yaa, Ukh. Sampai jumpa!

.Nisa


Sumber:
- Al-Kuran, O., Al-Mehaisen, L., Bawadi, H., Beitawi, S., & Amarin, Z. (2011). The effect of late pregnancy consumption of date fruit on labour and delivery. Journal of obstetrics and gynaecology, 31(1), 29-31.
- http://thepeacefulbirthproject.org/2013/10/ancient-wisdom-and-research-agree-amazing-fruit-eases-labor-and-prevents-postpartum-hemorrhage/
- http://www.mamanatural.com/dates-during-pregnancy/
23. Maka rasa sakit akan melahirkan memaksanya (bersandar) pada pangkal pohon kurma, dia berkata[3], "Wahai, betapa baiknya aku mati sebelum ini, dan aku menjadi seorang yang tidak diperhatikan dan dilupakan - See more at: http://www.tafsir.web.id/2013/03/tafsir-maryam-ayat-22-40.html#sthash.NTRjY1W3.dpuf
فَأَجَاءَهَا الْمَخَاضُ إِلَى جِذْعِ النَّخْلَةِ قَالَتْ يَا لَيْتَنِي مِتُّ قَبْلَ هَذَا وَكُنْتُ نَسْيًا مَنْسِيًّا        (٢٣)
Terjemah Surat Maryam Ayat 22-23
- See more at: http://www.tafsir.web.id/2013/03/tafsir-maryam-ayat-22-40.html#sthash.NTRjY1W3.dpuf
فَأَجَاءَهَا الْمَخَاضُ إِلَى جِذْعِ النَّخْلَةِ قَالَتْ يَا لَيْتَنِي مِتُّ قَبْلَ هَذَا وَكُنْتُ نَسْيًا مَنْسِيًّا        (٢٣)
Terjemah Surat Maryam Ayat 22-23
- See more at: http://www.tafsir.web.id/2013/03/tafsir-maryam-ayat-22-40.html#sthash.NTRjY1W3.dpuf
فَأَجَاءَهَا الْمَخَاضُ إِلَى جِذْعِ النَّخْلَةِ قَالَتْ يَا لَيْتَنِي مِتُّ قَبْلَ هَذَا وَكُنْتُ نَسْيًا مَنْسِيًّا        (٢٣)
Terjemah Surat Maryam Ayat 22-23
- See more at: http://www.tafsir.web.id/2013/03/tafsir-maryam-ayat-22-40.html#sthash.NTRjY1W3.dpuf

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WEDDING REVIEW SERIES #2 CATERING & DECORATION SERVICES - MAHARANI

WEDDING REVIEW SERIES #1 TATA RIAS - SANGGAR LIZA

WEDDING REVIEW SERIES #3 VENUE - PURI ARDHYA GARINI