Preggo: 32 Weeks Pregnant

 
Assalamualaikum, Ukh! Haii, bagaimana kabarnya? Semoga sehat selalu yaa. Waaah ga berasa banget nih ternyata aku sudah memasuki masa 32 minggu atau 8 bulan. Beberapa bulan lalu ada sebuah kejadian yang membuatkku cukup khawatir.  Salah seorang sepupuku yang saat itu sedang mengandung anak kedua dan kandungannya berusia 8 bulan harus merelakan anak tersebut kembali ke Rahmatullah :"( Sedih banget dan cukup membuatku parno menghadapi masa-masa bulan ke 8.

Lebih jelasnya, anak sepupuku tsb meninggal dalam kandungan. Jadi kan posisinya anak pertamanya yang baru berusia 16 bulan kalo ga salah itu lagi sakit, sehingga fokus sepupuku jadi terbagi antara ke si kakak yang sakit dan si adik yang di perut. Saking sibuknya ngurus si kakak, sepupuku agak lupa untuk mengecek pergerakan adik dalam perut. Setelah sadar kok seperti ga ada pergerakan ya di perut, tapi setelah ngobrol sama suaminya, mereka berdua pikir si adik lagi anteng bobo dan memutuskan untuk cek ke dokter esok harinya. Ternyata setelah dicek ke dokter, Innalillahi wa innaillaihi rajiun, si dede sudah meninggal beberapa jam di dalam sana. Perkiraan dokter adalah adanya virus yang ditularkan lewat si kakak atau karena posisi tali pusat yang menyimpul sehingga asupan makanan dan oksigen tidak sampai. Akhirnya, dokter memutuskan untuk melakukan tindakan operasi caesar untuk mengeluarkan adik. Sedih banget kala itu, ngebayangin betapa sudah tidak sabarnya bertemu, tapi ternyata Allah belum mengizinkan mereka bertemu di dunia. Tapi bahagianya sepupuku dan suaminya sudah punya satu tabungan yang menanti di akhirat untuk mengajak mereka masuk surga :").

Cerita tersebut membawa pengetahuan baru bagiku, bahwa jika sudah memasuki bulan ke 7, ibu harus rajin-rajin mengecek pergerakan adik di dalam perut. Kata dokter yang menangani sepupuku itu, gerakan minimal per harinya adalah 20 kali. Kemudian selain itu, pengetahuan baru yang kudapat adalah, katanya kandungan usia 8 bulan itu adalah usia dimana janin menjadi 'muda' kembali. Biasanya sih memang kalau denngar bayi lahir prematur itu adalah usia 7 bulan dan katanya lahir prematur pada usia 7 bulan lebih baik daripada usia 8 bulan. Hmm, untuk yang ini aku jadi penasaran untuk cari tau lebih lanjut. 

Lalu aku menemukan sebuah artikel yang di dalamnya ada opini dokter obgyn terkait hal ini. Dan ternyata
...
"Nggak ada hubungannya. Semakin bertambah (usia kehamilan), janin semakin besar bukannya semakin muda. Kalau aman persalinan, kehamilan sudah memasuki usia 37 minggu," kata dr Alfiben, SpOG.
....

Ooooh jadi begitu.

.Nisa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WEDDING REVIEW SERIES #2 CATERING & DECORATION SERVICES - MAHARANI

WEDDING REVIEW SERIES #1 TATA RIAS - SANGGAR LIZA

WEDDING REVIEW SERIES #3 VENUE - PURI ARDHYA GARINI