Mendidik dengan Fitrah #NHW4 #MIIPBATCH4

Assalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.
Alhamdulillah akhirnya diberikan kesempatan waktu untuk bisa mengerjakan NHW4 ini. Karena satu dan lain hal penulisannya jadi sedikit terlambat huhu. Bismillah, yuk dimulai.

a. Mari kita lihat kembali Nice Homework #1 , apakah sampai hari ini anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di Universitas Kehidupan ini? Atau setelah merenung beberapa minggu ini, anda ingin mengubah jurusan ilmu yang akan dikuasai?

Sebelumnya, di NHW1, saya mengatakan bahwa ilmu yang ingin saya pelajari adalah manajemen diri. Saya sadar betul ada banyak ilmu yang ingin saya pelajari, seperti ilmu parenting nabawiyah, ilmu tumbuh kembang anak dan sebagai profesi ingin mempelajari psikologi perkembangan lebih lanjut. Namun sepertinya, ilmu dasar manajemen diri perlu saya kuasai diri terlebih dahulu agar saya bisa menata diri sebelum menerima ilmu yang lebih dalam lagi. Jadi, saya akan tetap pada pilihan jurusan ilmu ini.
b. Mari kita lihat Nice Homework #2,  sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi checklist harian kita? Checklist ini sebagai sarana kita untuk senantiasa terpicu “memantaskan diri” setiap saat. Latih dengan keras diri anda, agar lingkungan sekitar menjadi lunak terhadap diri kita.

Seujurnya saya belum mencoba menempel checklist yang sudah saya buat pada NHW2, tetapi karena sudah merumuskannya, otak saya pun mengarahkan saya untuk mengerjakan hal-hal tersebut.Namun saya tetap bertekad untuk menempelkan checklist tersebut sehingga keberhasilan saya dalam mengasah diri menjadi diri, istri dan ibu yang profesional dapat terukur. In syaa Allah minggu depan saya akan menempelnya.

c. Baca dan renungkan kembali  Nice Homework #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan bidang yang  akan kita kuasai, sehingga peran hidup anda akan makin terlihat.

Misi Hidup: Menjadi muslimah (anak, istri dan ibu) yang membahagiakan
Bidang: Pendidikan keluarga
Peran: Peneduh

d. Setelah menemukan 3 hal tersebut,  susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut. 

1. Parenting nabawiyah: Ilmu seputar pengasuhan anak sesuai dengan tuntunan Rasulullah
2. Bunda Sayang: Ilmu seputar pengasuhan anak
3. Bunda Cekatan : Ilmu-ilmu seputar manajemen pengelolaan diri dan rumah tangga
4. Bunda Produktif : Ilmu-ilmu seputar minat dan bakat, kemandirian finansial dll.
5. Bunda Shaleha : Ilmu tentang berbagi manfaat kepada banyak orang 

e. Tetapkan Milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi Hidup

-------Milestone  yang saya tetapkan adalah sbb-------
KM 0 – KM 1 ( Juli 2017 ) : Menguasai Ilmu seputar Parenting Nabawiyah
KM 1 – KM 2 ( Tahun 2) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Sayang
KM 2 – KM 3 ( Tahun 3) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Cekatan
KM 3 – KM 4 ( Tahun 4) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Produktif
KM 5 – KM 6 ( Tahun 5): Menguasai Ilmu seputar Bunda shaleha

f. Koreksi kembali checklist anda di NHW#2, apakah sudah anda masukkan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas. Kalau belum segera ubah dan cantumkan.

Sejauh ini chechklist dalam NHW2 yang saya buat sudah memasukkan waktu unguk mempelajari ilmu yang ingin saya pelajari, meskipun tidak memungkinkan adanya update checklist nanti.

g. Lakukan, lakukan, lakukan, lakukan 
Bismillah. Selama kita mau berusaha, In syaa Allah ada jalan untuk mewujudkannya. 
.Nisa

 Diunduh dari http://inspirationalquotesmagazine.com/every-accomplishment-starts-decision-try/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WEDDING REVIEW SERIES #2 CATERING & DECORATION SERVICES - MAHARANI

WEDDING REVIEW SERIES #1 TATA RIAS - SANGGAR LIZA

WEDDING REVIEW SERIES #3 VENUE - PURI ARDHYA GARINI